Rabu, 25 Januari 2017


Sumber gambar

Waktu adalah uang ! mungkin dari kita sudah sangat sering mendengar istilah ini, benar ? sedari kecil kita sering diajarkan oleh orang tua agar sewaktu muda harus giat belajar, bekerja, dan produktif agar nanti bisa bahagia, terutama saat tua nanti. Setiap waktu sangat berharga, kita tidak bisa menggampangkannya untuk hal-hal yg tidak berguna. Namun tetap saja terkadang dari kita masih ada yg menyepelekannya, beralih-alih " Ahh... itu masih lama, Ahh... itu belum penting, dan sebagainnya " akhirnnya saat kita memasuki masa tua, baru dech menyesal. Kita menjadi orang yang lupa akan ini, yakni menyipakan bekal untuk dimasa tua yg mendatang. Uang sering dihabiskan untuk senang-senang, beli ini - itu yg sebenarnya tidak penting, dll. Karena ada ungkapan bagi mereka bahwa "hidup untuk hari ini"

Masa tua adalah dimana kita tentu sudah tidak bisa produktif lagi seperti saat usia 20 tahun-an. Saat usia kita tua, pastinya organ yg didalam tubuh mengalami penurunan kinerja. Alhasil kita tidak bisa kuat seperti dulu lagi, kemudian kita juga akan sering sakit-sakitan. Itu adalah hasil yg tidak bisa kita hindarkan. Bagaimana saat kita tua namun harus masih memikirkan bekerja karena kebutuhan sehari-hari yg harus tetap dipenuhi ? bukannya masa tua adalah waktu kita istirahat ? bersantai, dan bersenang-senang dengn hobi kita ?

Hidup sejahtera sampai hari tua merupakan impian semua orang, dan yang bijak adalah mulai saat ini kita harus benar-benar memikirkan untuk masa tua kita. Menjalani masa tua yg penuh kebahagiaan, bukan menghadapi masa tua dengan kebingungan dan kecemasan. Impian untuk mewujudkan masa tua yg bahagia akan nyata apabila kita benar-benar punya ketekadan untuk mewujudkan itu ! Dengan apa ? yakni dengan pengelolaan uang yg benar.

kepintaran dalam mengelola uang, khususnya penghasilan dari kita bekerja sangat harus dilakukan detik ini juga. Menahan perilaku konsumtif dan menyisihkan sebagian sebagai bekal untuk dimasa tua.

Rata-rata usia produktif kita mulai umur 20 tahun hingga 60 tahun-an. Dalam rentang waktu tersebut, jika usia harapan hidup kita 80 tahun, maka hanya 50 % atau separo dari usia kita yg mampu menghasilkan uang, sementara separo atau 50 % lainnya adalah usia menghabiskan uang. Oleh sebab itu, pengelolaan uang untuk mendapatkan masa tua yg bahagia adalah hal yg sangat prioritas. Lebih cepat, lebih baik !

BPJS Ketenagakerjaan bisa mewujudkan kebahagiaan dihari tua

Sumber Gambar

Pertanyaan yg muncul kemudian adalah "Aku masih belum bisa mengontrol keuanganku dengan baik, apakah ada yg bisa membantu ?" 

ketika kita benar-benar bertekad, memiliki kemauan yg keras, pasti ada kok yg namanya jalan, heheh... Tentu dalam hal ini kita bisa percayakan kepada BPJS Ketenagakerjaan saja. BPJS Ketenagakerjaan ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ) adalah program publik yg dulunya bernama PT. Jamsostek  yg mana memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu, baik itu pekerja penerima upah ( PU)  pekerja bukan penenrima upah (BPU)

Dengan visi dan misi yg dimilikinya, yakni menjadi badan penyelenggara jaminan sosial kebanggaan bangsa yg amanah, bertatakelola baik, unggul dalam operasional dan pelayanan, serta berkomitmen untuk :

1. Melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya
2. Meningkatkan produktifitas dan daya saing pekerja
3. Mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional 

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai sifatnya yg mana dilandasi pada filosofi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi risiko sosial ekonomi. Artinya adalah :

Kemandirian yg berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan dihari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia. 

Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan dari belas kasihan orang lain. Agar pembiayaan dan manfaatnya optimal, pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua, yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah.

BPJS Ketenagakerjaan terus berbenah dan memberikan layanan yang terbaik untuk kita semua, hal tersebut diwujudkan dengan adanya program - program perlindungan yg dapat kita manfaatkan, khususnya untuk mewujudkan kebahagiaan kita dihari tua. Program-program tersebut diantaranya adalah :

a. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
b. Jaminan Kematian (JKM)
c. Jaminan Hari Tua (JHT)
d. Jaminan Pensiun (JP)

Itu adalah program perlindungan yg dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. Semuanya dapat memberikan manfaat yg besar bagi kita dan pastinya dapat kita ikuti semua. Dan untuk kita yg sedang menyipkan kebahagiann untuk hari tua nanti, maka kita bisa mengikuti program perlindungan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Maka dengan demikian gak usah takut tidak bisa mengontrol keuangan kita, dengan mengikuti program ini maka kita sudah menyiapkan untuk hari tua nanti

Dengan memiliki program perlindungan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenegakarjaan, maka kita sudah punya bekal untuk jaminan hari tua yg bahagia nanti. Kita tak perlu khawatir lagi memikirkan tentang bagaimana mendapatkan uang diusia yg mulai senja. Tidak perlu bekerja keras lagi ketika kondisi badan yg sudah mulai menurun, sakit yang mulai sering kita derita, dan sebagainya. Dengan mengikuti program ini kita akan mendapat manfaat yakni mempertahankan derajat kehidupan yg layak. Saat kita mulai masuk usia dimana kita pensiun, kita akan tetap mendapat penghasilan uang tunai tiap bulannya yg mana dapat kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga lifestyle yg bahagia dapat kita wujudkan, yakni berbahagia dengan keluaraga tercinta, menggeluti hobi yg menjadi sumber kesenangan kita, dan masih banyak manfaat lainya.

Enaknya punya BPJS Ketenagakerjaan sebagai bekal jaminan dihari tua yg bahagia. Hari tua adalah dimana waktunya kita quality time bersama keluarga. Bercanda bareng cucu, menjalani hari-hari dengan senyum tanpa memikirkan biaya hidup. Melakukan kegemaran dengan hobi yang bisa membuat kita santai. 

Untuk informasi pedaftaran mengenai kepesertaan program perlindungan Jaminan Hari Tua atau Jaminan Pensiun sangat mudah sekali. Anda bisa bisa mencari informasinya disini Persyaratannya sangat mudah sekali, dan anda sudah bisa bergabung dan mengikuti program ini. 

Mungkin itu saja informasi yg dapat saya sampaikan  pada kesempatan  blog kali ini, mohon maaf jika ada salah-salah kata, terimkasih atas perhatiannya. Akhir kata Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar